Home » » Perlu Ada Evaluasi Kinerja Kepolisian di DIY

Perlu Ada Evaluasi Kinerja Kepolisian di DIY

Written By Unknown on Rabu, 25 Juni 2014 | 06.43

Laporan Reporter Tribun Jogja, Angga Purnama
TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menilai perlu adanya evaluasi terhadap kinerja kepolisian di wilayah DIY menyusul munculnya kasus-kasus intoleransi yang berujung pada kekerasan. Termasuk upaya preventif yang selama ini diterapkan kepolisian dalam meredam kasus tersebut.
Hal itu disampaikan Adrianus Meliala, komisioner Kompolnas saat menghadiri pertemuan dengan korban kasus intoleransi di Yogyakarta di Pusat Studi Hak Asasi Manusia (Pusham) UII, Senini (23/6). Selain Adrianus, hadir dalam pertemuan tersebut M. Nasser, komisioner dan Syafriadi Cut Ali, Sekretaris Kompolnas.
Adrianus mengatakan, upaya penanganan kasus intoleransi yang terjadi di Yogyakarta yang dilakukan polisi, dalam hal ini Polda DIY, tidak signifikan. Hal ini lantaran kasus-kasus yang muncul bukannya berkurang namun justru menumpuk dan belum terselesaikan.
“Diperlukan penanganan yang tepat sehingga bukan justru memicu kelompok lainnya untuk melakukan hal serupa. Harus optimal dan memberikan efek jera,” paparnya.
Ia menilai, sejauh ini tindakan yang dilakukan polisi hanya menunggu terjadinya kasus. Sehingga belum ada upaya pencehagan untuk menanggulangi munculnya kasus kekerasan yang terjadi.
“Laporan yang masuk kepada kami, banyak pihak yang mengeluhkan kinerja polisi saat terjadinya kasus kekerasan. Termasuk tidak tegasnya polisi dalam menindak pelaku perusakan dan kekerasan yang berlatarbelakang intoleransi,” ungkapnya.
Untuk itu, pihaknya akan mengkonfimasi kepada Kapolda DIY terkait proses penanganan kasus-kasus intoleransi yang berujung pada kekerasan dan penyerangan kelompok. Selanjutnya, Kompolnas akan memberikan rekomendasi dan catatan bagi Polda DIY untuk menjadi pertimbangan dalam menangangi kasus serupa.(ang)
Penulis: ang
Editor: tea
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. KOTEKA NEWS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger